Anda suka? share!

Setiap harinya tanpa disadari kala beraktivitas kita tidak pernah lepas menggunakan seluruh bagian tubuh ini terutama otot untuk bergerak. Kendati ringan, aktivitas sehari-hari seperti membawa tas dengan beban yang ringan sekalipun dapat menimbulkan cedera otot dan pegal. Untuk mencegahnya, biasakan diri mempraktekkan postur tubuh yang benar.

Dr. Michael Triangko, SpKO selaku pakar kebugaran dan olahraga menjelaskan, pegal ialah rasa nyeri yang tumpul dan mengenai otot kemudian dirasakan saat berkontraksi (bergerak), bukan pada saat beristirahat. Rasa pegal timbul dikarenakan trauma (pukulan), stress, dan penggunaan otot tertentu secara berulang-ulang.

“Pegal bisa terasa antara 24-27 jam dan akan hilang dengan sendirinya. Meski si penderita tidak bergerak secara ekstrim, semisal bukan olahragawan, jangan anggap wajar rasa pegal,” paparnya. Lebih lanjut Dr. Michael menjelaskan, meski gejala awalnya tidak dirasakan, rasa pegal bisa mengganggu produktivitas seseorang. Untuk mencegahnya, biasakan duduk dan berdiri dalam postur tubuh yang benar. “tidak membungkuk dan juga tidak terlalu tegak,” sambungnya.

Beliau juga menyarankan untuk menggunakan daya otot paha saat mengangkat barang berat dan menggunakan bangku atau tangga sewaktu mengambil barang di tempat tinggi.

“Jika tidak, Anda bisa cedera otot seperti sakit pinggang karena otot meregang secara tiba-tiba. Efek mengadaptasi postur salah memang tidak akan dirasakan sekarang, tapi beberapa lama kemudian, otot akan memendek dan mengurangi lingkup gerak kita,” tegasnya.

Jadi apabila Anda sering melakukan aktivitas yang menuntut otot bekerja ekstra tidak ada salahnya mempraktekkan postur tubuh secara benar tidak terlalu membungkuk dan juga tidak terlalu tegak.

 

Komentar
Anda suka? share!