Anda suka? share!

Robot Hijau adalah logo Android,  logo inilah yang saat ini terkenal oleh pengguna HP bersistem operasi Android di Indonesia.

Android adalah sebuah sistem operasi untuk ponsel yang pertama kali diperkenalkan oleh Google.  Apakah sebenarnya Android itu?

Menurut Wikipedia Indonesia, Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler (hp / Handphone)  yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.

Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google (pelopor), HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Jadi Hp Android adalah hp atau handphone yang sistem operasionalnya menggunakan Android. Contoh hp Android adalah Google Nexus One, Huwawei U8230, HTC Hero, HTC Legend, HTC Magic, HTC Desire, Imobile iE6010, LG GW620, Motorola Milestone, Samsung Galaxy Spica, Sony Ericsson Xperia, Huawei Aviator.

Kelebihan Hp Android

1. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, memodifikasi bahkan menyempurnakannya.
2. Lisensinya lebih murah, tidak semahal, O.S. Blackberry,  maupun Iphone atau PDA yang menggunakan OS Windows Mobile.
3. Stabil dan aman, tidak mudah hang atau bahkan terkena virus.
4. Karena merupakan aplikasi gratis dari Google, maka Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.
5. Lebih simpel dan mudah pengoperasiannya

Kekurangan Hp Android

Hp yang menggunakan Android ternyata juga mempunyai kekurangan, berikut kekurannya:
1. Harga hp Android masih mahal, (mungkin karena lagi ngetrend). Kemungkinan setelah banyak hp yang menggunakan Android, hp Android lama-lama jadi murah.
2. Karena terbiasa menggunakan handphone yang menggunakan O.S. Symnian dan Windows Mobile, mungkin Anda akan sedikit bingung memakainya.

Beberapa waktu lalu, PCWorld, sebuah majalah IT terkenal mengeluarkan daftar 10 HP Android terbaik.

Inilah mereka:

1. HTC Droid Incredible

2. Google Nexus One

3. Motorola Droid


4. Motorola Cliq

5. Samsung Behold II

6. Samsung Moment

7. HTC Droid Eris

8. HTC Hero

9. myTouch 3G (TMobile)


10. Motorola Devour

Komentar
Anda suka? share!