Anda suka? share!

Betawi begitu kaya dengan berbagai aspek budaya, termasuk destinasi wisata. Beberapa destinasi khas Betawi diyakini akan digemari oleh wisatawan.
betawi
Dalam acara “Betawi Punye Gaye” di Bentara Budaya Jakarta, Jl Palmerah Selatan, Jakarta Selatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu hadir dalam sesi Ngeteh Bareng Bu Mari, Minggu (29/4/2012). Dalam acara ini dibahas mengenai bermacam-macam destinasi wisata khas betawi, serta mengenalkan kebudayaan Betawi itu sendiri kepada wisatawan.

“Sebenarnya Betawi masih punya tempat di Jakarta. Ada Rumah si Doel di Jombang, Ciputat. Di sana kita bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang Betawi,” ucap Mari.

Tidak hanya itu, sebenarnya masih banyak tempat yang bisa dikunjungi. Ada Kawasan Wisata Kota Tua, Kampung Rawa Belong, dan Setu Babakan bisa menjadi destinasi yang menarik untuk mempelajari kehidupan Betawi.

“Kami juga sudah merencanakan kerja sama dengan mall-mall di Jakarta untuk wadah pertujukan Betawi,” kata Mari.

Dalam acara ini Mari juga mencanangkan adanya kerja sama dengan tempat-tempat yang sering di datangi oleh masyarakat Jakarta, yaitu mall. Hal tersebut dianggap menjadi alternatif yang cukup mudah, karena dapat mendatangkan orang banyak tanpa harus adanya promosi yang besar-besaran.

Akan tetapi, lokasi wisata Betawi yang memang sudah ada tetap akan menjadi pusat promosi wisata. Potensi ini diperkuat lagi dengan pusat kebudayaan, seperti Bentara Budaya Jakarta, Salihara, dan Taman Ismail Marzuki yang akan menjadi lokasi di mana wisatawan, masyarakat, dan seniman Betawi berkumpul.

“Ya, sebagai warga Jakarta, sudah seharusnya kita peduli terhadap kemajuan Jakarta. Khususnya memperkenalkan kebudayaan asli Jakarta, yaitu Betawi.” tutup Mari.

 

Sumber : detik.com

Komentar
Anda suka? share!