Anda suka? share!

Bertamasya bersama keluarga pasti menyenangkan, apalagi saat liburan tiba. Agar liburan lebih lebih seru, pastikan kondisi tubuh kita semua tetap sehat dan prima.

Kalau anggota keluarga kita malah sakit saat pergi berlibur, hal itu tentu bisa mengubah rencana tamasya yang sudah dipersiapkan. Seperti dilansir Examiner, Minggu (29/4/2012) berikut adalah 5 cara agar Anda dan seluruh anggota keluarga tetap sehat saat liburan:


1. Sering beristirahat

Jika bepergian menggunakan kendaraan, banyak waktu dihabiskan untuk duduk. Duduk lama bisa mengakibatkan otot kaku dan pegal-pegal. Seringlah beristirahat apabila merasa capek. Kegiatan hiking atau berkemah adalah pilihan yang baik karena menggerakkan seluruh otot dan mudah dilakukan seluruh anggota keluarga.

 2. Bawalah makanan ringan yang sehat

Membawa bekal jauh lebih praktis dan hemat dibanding membeli makanan ringan setiap kali berhenti di sepanjang jalan. Buah-buahan seperti jeruk, pear, apel, pisang, kismis dan buah kering lainnya bisa dijadikan bekal. Begitu juga keju, biskuit gandum, sereal kering, dan kacang.

3. Bawa air yang cukup

Jika jarak liburan yang ditempuh cukup jauh, pastikan untuk cukup minum sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Dehidrasi dapat mempengaruhi kemampuan mental dan konsentrasi.

4. Bawa alat atau benda untuk berolahraga

Lakukan olahraga favorit keluarga seperti badminton, bola voli, lempar tangkap bola, dll. Permainan ini akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan saat berada jauh dari rumah. Cobalah untuk merencanakan lebih dahulu permainan yang paling menyenangkan sebelum berangkat.

5. Seimbangkan pola makan

Jika di rumah sudah banyak memakan daging, maka waktu liburan adalah saatnya untuk banyak memakan sayuan. Jika banyak memakan sereal di rumah, perbanyaklah makan protein saat liburan. Selain mengubah rutinitas, pola ini penting agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang.

Komentar
Anda suka? share!