Anda suka? share!

Kontribusi PT Djarum untuk Memajukan Generasi dengan Gagasan Orisinal dan Inovatif

Jakarta, 15 Oktober 2010 – PT Djarum terus berupaya untuk berperan aktif dan memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan pendidikan di Indonesia. Ini terbukti melalui program Djarum Beasiswa Plus yang telah berjalan lebih dari 25 tahun. Kini, program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sebelumnya bernama Djarum Bakti Pendidikan tersebut telah menjadi salah satu program beasiswa terdepan di Indonesia.

Djarum Beasiswa Plus memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan program beasiswa lainnya. Yakni, adanya pemberian berbagai pelatihan softskills dan pengembangan karakter bagi Beswan Djarum (istilah singkatan untuk penerima Djarum Beasiswa Plus). Hal ini merupakan sebuah bekal luar biasa yang tidak terhitung dengan materi.

Dengan berbagai pelatihan tersebut, Beswan Djarum diharapkan dapat menjawab tantangan dan menjadi pribadi yang cakap intelektual, emosional, maupun spiritual. Serta tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi dikemudian hari.

Salah satu program yang disiapkan oleh Djarum Beasiswa Plus adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKT) yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2006. Public Affairs Director PT Djarum, Suwarno M. Serad menjelaskan, LKT merupakan puncak dari pelatihan softskills yang diberikan kepada para Beswan Djarum. Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah kemampuan kualitas berpikir kreatif dan inovatif kepada para Beswan Djarum di setiap tahun ajaran.

‘’Kami konsisten menjalankan program Djarum Beasiswa Plus dan Lomba Karya Tulis sebagai kepedulian dan kesungguhan dalam bidang pendidikan untuk berperan mencerdaskan bangsa dan mewujudkan generasi muda Indonesia yang kreatif, orisinal, dan inovatif,’’ katanya.

Tahun ini pun PT Djarum kembali menggelar LKT dengan tema ‘Masa depan ke-Indonesia-an’. Saat ini, telah ada 12 finalis dari empat kantor regional PT Djarum di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang. Finalis ini merupakan Beswan Djarum terbaik dari 184 peserta yang mengikuti LKT tahun ajaran 2009/2010. Pemenang LKT Nasional 2010 akan diumumkan 15 Oktober 2010, di Jakarta.

Untuk dewan juri LKT 2010, terdiri dari perwakilan intelektual, praktisi, akademisi dan media ternama dengan kredibilitas dan keahlian di bidangnya masing-masing. Yaitu, Ketua Majelis Profesor Riset Indonesia, Prof Dr Soefjan Tsauri, M.Sc, Rektor Universitas Paramadina, Anies R. Baswedan, Ph D, dan News Director Metro TV, Suryopratomo.

Prof Dr Soefjan Tsauri yang juga bertindak sebagai ketua dewan juri menjelaskan, lomba ini memang merupakan sebuah langkah sederhana yang dapat dilakukan. Namun ia berharap hasil yang didapat dari kegiatan semacam ini dapat memberikan dampak yang besar. Yaitu generasi muda yang mampu memberikan gagasan orisinal dan inovatif untuk membangun bangsa.

Ia pun mengaku kagum dengan karya para Beswan Djarum, khususnya para finalis. Karena mereka dapat melihat potensi yang ada di sekitar dan menjadikannya sebagai keunggulan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Selain beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa juga mendapatkan berbagai program pelatihan softskills selama satu tahun. Seperti pengembangan karakter, kepemimpinan, motivasi, outbound, seminar/lokakarya, keahlian praktis maupun kewirausahaan.

Sebagai bentuk apresiasi, hadiah yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 20 Juta, Rp 15 Juta dan Rp 10 Juta serta piagam penghargaan untuk tiga finalis yang keluar sebagai 3 pemenang utama LKT Nasional 2010.

Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan bentuk kepedulian PT Djarum di bidang pendidikan. program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dimulai sejak 1984 di Universitas Diponegoro, Semarang. Awalnya, program ini hanya sebatas pemberian bantuan finansial kepada mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala finansial.

Kemudian mengalami perkembangan dan akhirnya tidak hanya sekadar memberikan bantuan biaya pendidikan saja. Namun telah menjadi sebuah program pendidikan terintegrasi. Tidak hanya berbentuk beasiswa semata. Namun dilengkapi juga dengan pelatihan softskills sebagai bagian dari pembentukan karakter bangsa. Pelatihan ini meliputi tiga aspek yakni, Outbound, Leadership dan practical skills serta entrepreneurship.

Hingga tahun ajaran 2009/2010, terhitung ada 6.336 mahasiswa yang menerima Djarum Beasiswa Plus. Mereka tersebar di 71 universitas dari 24 provinsi di Indonesia. (*)

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Renitasari                                                        Image Dynamics

Corporate Communication Manager             Pipit F. Andriani # 0811952422

PT Djarum                                                       Telp. 021- 7591 4826

Jl. Aipda KS Tubun 2C No 57 Jakarta              Fax.  021- 7591 4770

Telp: 021- 534 6901                                        Email. imagedynamicspr@yahoo.com

Fax : 021-  534 8371

Email. renitasari@djarum.com

DAFTAR PEMENANG LOMBA KARYA TULIS

1. Nama                      : Risya Sasri

Karya Tulis               : Pemanfaatan Nanopigmen Kaolinit – Bixin sebagai Fotosensitizer

Pada Sel Surya TiO? dan Potensi Pengembangannya di Kalimantan Barat

Universitas               : Universitas Tanjungpura

2. Nama                      : Reggie Surya

Karya Tulis               : Potensi Tempe Kalengan sebagai Media Promosi Pangan Khas Indonesia ke Mancanegara

Universitas               : Institut Pertanian Bogor (IPB)

3.  Nama                     : Ferdinand Hidayat

Karya Tulis               : Material Komposit Bagas – Polianilina sebagai Elektroda pada Baterai Berbasis Selulosa

Universitas               : Universitas Tanjungpura

Komentar
Anda suka? share!