Anda suka? share!

Depok – Komunitas hobbies terkesan eksklusif? Tampaknya anda harus menyingkirkan anggapan itu bila menyaksikan Margo City La Commune II, 1 hingga 10 Oktober 2010 lalu. Event multi komunitas yang digelar di Margo City, Margonda Depok ini menghadirkan 12 komunitas terdiri dari Komunitas BMX, skate board, climbing, fotografi, motor klasik , motor gede, motor modifikasi, mobil morris, sepeda fix gear, sepeda lowrider, sepeda onthel (klasik) untuk berkolaborasi. Semua melebur, mencari titik temu.

“Saat temen-temen BMX, Skateboard, dan Climbing beraksi para fotografer menjadikannya sebagai obyek hunting bertema real action photography, ini unik dan jarang, makanya banyak sekali temen fotografi pada datang,” ujar Wulung Damardoto, Chairman WD Event Management, sebagai penggagas acara ini. Hal senada diutarakan Ditto Birawa, Seorang Fotografer, “Biasanya cuma hunting fotomodel, kali ini lain, ada action fotografi yang amat menantang skill.”

Event La Commune kali ini adalah yang kedua, setelah yang pertama diselenggarakan pada bulan Juli 2010 di Rasuna Episentrum, Jakarta. “Sesuai janji saya dulu di La Commune pertama, jumlah komunitasnya akan selalu bertambah. Jika dulu Cuma 6, kali ini 12 komunitas ikut berpartisipasi,” tambah pria yang akrab disapa Ungky ini. Ia berharap La Commune yang akan datang akan melibatkan lebih banyak komunitas.

Ia menyebut, bergabungnya berbagai komunitas ini bisa menjadi media mempererat hubungan kekeluargaan lintas komunitas. “Beberapa diantara komunitas yang ikut acara ini bahkan telah merencanakan program kerja bersama antar komunitas sebagai tindak lanjut. Ini bukti bahwa event ini mampu meleburkan jarak dan sekat yang sering muncul antar komunitas yang berbeda,” lanjut dia.

Selain saling berkumpul, unjuk kebolehan serta kreasi, juga diadakan beberapa workshop, yakni Adventure Riding Workshop pada hari Sabtu, 9 Oktober 2010, yang menampilkan biker senior Jeffrey “JJ” Polnaja, satu-satunya biker Asia yang telah berkendara melewati 72 negara dalam ekspedisi keliling dunianya. Sehari kemudian, Workshop Digital Imaging oleh Misbachul Munir, Fotografer senior dan Pimpinan redaksi Chip Foto-Video. Kedua workshop ini terbuka untuk umum. Ungky kembali menegaskan,“sekali lagi, ini adalah upaya kita membuka wawasan masyarakat tentang aktivitas komunitas-komunitas di La Commune. Ini akan membuat mereka lebih open mind dan nggak salah prasangka pada komunitas.”

Puncak acara adalah awarding dari dua macam lomba yang diselenggarakan oleh dua komunitas berbeda, yakni lomba panjat dinding khusus untuk anak, “Spiderkids Climbing Competition 2010” dan lomba fotografi “Real Action Photography Contest”. (irfan)

Komentar
Anda suka? share!