Anda suka? share!

Jakarta, Rintik hujan tak menyulutkan para pecinta seni untuk datang melihat karya-karya seniman Jepang yang telah banyak membawa pengaruh dalam perkembangan seni baik di dunia dan Indonesia khususnya. Pameran berlangsung 28 Oktober – 16 November 2010 di Geleri Salihara Jakarta Selatan.

Pada tahun 1990-an terlihat perubahan besar dalam tatanan ekonomi dan politik dunia, dan banyak orang meresponnya dengan berpaling dari isu-isu besar dan berkonsentrasi pada bagian hidup yang lebih kecil dan lebih intim. Dalam seni kontemporer di seluruh dunia pun tampak kecenderungan para seniman untuk menaruh perhatian pada kehidupan sehari-hari dan berfokus pada ekspresi perasaan dan persepsi personal.

Komunitas Salihara bekerjasama dengan Japan Foundation, menampilkan lukisan, patung, instalasi, foto, dan video karya sebelas seniman Jepang yang merupakan tanggapan serupa terhadap kondisi dunia saat ini. Soal-soal yang mereka angkat berasal dari lingkungan sekitar dan karya yang mereka hasilkan sangat mencerminkan realitas pribadi seniman. Karya mereka memiliki efek visual yang kaya dan menunjukkan ketertarikan yang kuat pada proses pembuatan artefak.

Komentar
Anda suka? share!