Anda suka? share!

Gedung Teater Jakarta

Jakarta – Taman Ismail Marzuki (TIM) siap memanjakan Anda warga Jakarta khususnya para pecinta seni dan kebudayaan dengan diresmikannya Gedung Teater bertaraf Internasional oleh Gubernur Fauzi Bowo sabtu (30/10) malam.

Rembulan nampak begitu Indahnya menerangi Ibu Kota, sabtu malam. Keceriaan pun terlihat dalam sebuah pesta rakyat didalam gedung teater besar (TIM) Menteng Jakarta Pusat. Sebagian warga Jakarta pada malam itu sangat ‘khusuk’ menyaksikan jalannya pertunjukan drama musikal berjudul ‘Langkah Bumi dan Matahari’ karya sutradara Tom Ibnur.

Saat pertujukkan drama musikal ini berlangsung, terlihat kelebihan gedung Teater Jakarta tak hanya terletak pada struktur bangunan yang artistik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pertunjukan bertaraf internasional, namun efek visual serta sound pertunjukkan pun cukup memukau. Yang menarik dari gedung ini dilengkapi pula dengan mesin hidrolik yang berfungsi sebagai efek pertunjukkan. Terdapat 10 ruang dressing room dengan toilet, wardrobe, make up station yang mampu menampung 10 orang sekaligus.

“Berdirinya gedung Teater Jakarta yang ada di Taman Ismail Marzuki ini, diharapkan dapat mengembalikan eksistensi dan kejayaan TIM sebagai pusat kebudayaan bagi warga Jakarta,” jelas Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat meresmikan gedung teater Jakarta.

Lebih lanjut Bang Fauzi menjelaskan sejak terbentuknya Dewan Kesenian Jakarta 40 silam, TIM sudah menjadi taman budaya bangsa, dan pada hari jadinya yang ke 40, pemerintah menambah satu fasilitas gedung pertunjukan baru yang diberi nama gedung Teater Jakarta. “gedung ini diharapkan dapat memperkokoh ikon Jakarta sebagai kota budaya,” ujarnya.

Tugas serta tanggung jawab warga Jakarta dengan adanya fasilitas gedung teater ini adalah mengisinya, merawat dan menjaga gedung agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama. Semuanya itu harus diimbangi dengan seni dengan karya seni berkualitas yang merupakan tantangan bagi para seniman dan budayawan. “tanpa seni yang berkualitas gedung ini akan menjadi gedung biasa semata yang tanpa arti,” tambah bang Fauzi.

Gedung yang dilengkapi pula dengan adanya fasilitas khusus bagi penderita cacat seperti adanya akses dan toilet khusus untuk pengguna kursi roda semakin memanjakan Anda para penikmat seni. Tak hanya itu desain kursi elegan dan terdiri dari dua balkon makin menambah kenyamanan saat menikmati pertunjukkan.

Teater Jakarta terbagi dalam dua bagian gedung yang terpisah. Kemegahannya dapat terlihat dari jumlah kapasitas pengunjung pada dua ruangan tersebut. Untuk teater kecil daya tampung penonton 200 sampai 300 penonton, sementara ruang teater besat yang berada tepat disebelah ruang teater kecil memiliki daya tampung 1.200 penonton. ES

Komentar
Anda suka? share!