Anda suka? share!

“Oleh-olehnya yaa..”, celetukan seperti ini pasti Anda dengar atau baca di jejaring sosial ketika kita menggunggah foto narsis  ditempat wisata saat kita berlibur. Ya, membeli oleh-oleh sepertinya hal wajib saat kita tamasya. Karena anda sudah berjanji, perasaan tidak enak karena berpamitan sebelum pergi, atau untuk membalas karena sebelumnya Anda juga mendapat oleh-oleh dari teman atau keluarga sepulang mereka berwisata.

Bagaimana Tips cara mudah membeli oleh-oleh dan mengatasi lupa tidak membeli oleh-oleh ?

1.Buatlah daftar oleh-oleh

Dengan membuat catatan sebelum berpergian,tentunya kita akan mudah mengingat apa yang harus kita lakukan selama berpergian termasuk membeli oleh-oleh untuk orang yang telah kita beri janji.

2.Siapkan anggaran lebih

Janji adalah hutang, kalau anggaran pas-pasan, bisa jadi Anda akan berhutang untuk menepati janji tadi. Jangan sampai hal itu terjadi karena alhasil hutang ketemu hutang. Siapkan anggaran yang lebih merupakan sebuah solusi. Apabila ada situasi yang membuat anda mengeluarkan biaya yang lebih,tentulah anda telah siap menghadapinya.

3.Jangan mengumbar janji

Janjinya beli oleh-oleh segunung tetapi uangnya tidak ada.Ahirnya membuat penjanji menjadi sebel akan janji palsu anda.Berikan janji yang tidak memberatkan anda dan tentunya menyenangkan orang yang diberi oleh-oleh.

4.Jangan membeli oleh-oleh tipuan

Setiap daerah biasanya ada yang unik atau khas untuk dijadikan oleh-oleh. Baik itu makanan, cinderamata, baju dan lain sebagainya. Rasa, bentuk dan kualitas tentunya akan berbeda antara   asli dan palsu. Jadi hindarilah membeli barang-barang palsu karena akan mudah diketahui oleh penerima oleh-oleh.

Bagaimana jika anda lupa membeli oleh-oleh? Dengan kemajuan teknologi saat ini anda dapat membeli secara online. Tentu saja harus Anda pastikan dulu toko online yang menyediakan oleh-oleh tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Saat Berbelanja

Tetaplah pada daftar oleh-oleh yang telah Anda siapkan.  Selanjutnya, tentukan plafon anggaran yang akan digunakan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Setelah itu, cari informasi tentang tempat penjualan barang-barang gifts souvenir yang ingin Anda beli. Informasi itu bisa dapatkan dari berbagai sumber (internet atau koran). Salah satu sumber jitu adalah masyarakat lokal.

Jangan terbuai program diskon atau promosi. Program diskon yang tampak jor-joran bisa mendorong Anda membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Jika akhirnya tergoda, teliti dengan cermat barang yang akan dibeli.

Carilah harga gifts souvenir termurah untuk barang dengan kualitas yang kurang lebih sama. Karena itu, jangan lupa melakukan penawaran. Lakukan penawaran dengan tenang, jangan menunjukkan kesan Anda sangat tertarik pada suatu barang. Ajukan harga penawaran setengah dari harga diajukan penjual.

Belanja souvenirlah dengan tenang, jangan terburu-buru. Hindari belanja souvenir saat jam sibuk atau jika Anda tidak punya cukup waktu.

 

Semoga bermanfaat

 

Komentar
Anda suka? share!