Anda suka? share!

Kondisi kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia masih cukup memprihatinkan. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2007, sebanyak 72,1% masyarakat Indonesia mempunyai 5 gigi berlubang.

Itulah salah satu yang disampaikan oleh Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent., MDSc., Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk., saat mencanangkan kegiatan Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Gratis bertempat di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) Jakarta, 10 Oktober lalu dalam rangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2011.  

Pesan BKGN 2011 disampaikan utamanya diarahkan kepada anak dan orang tua. “Tujuan BKGN adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, dimana salah satu caranya adalah secara rutin berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali dan menyikat gigi secara teratur dan benar, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur,” ujar drg Mirah.

Dalam kesempatan itu pula, Prof. drg. Bambang Irawan, Ph.D., Dekan FKG UI Jakarta mengungkapkan, ”Gigi yang baik akan berfungsi sebagai pengunyah untuk menyalurkan nutrisi penting ke dalam tubuh agar kesehatan tubuh terus terjaga. Bisa dibayangkan dampak yang akan terjadi apabila proses ini terganggu. Banyak masyarakat dewasa dan anak-anak akan kehilangan waktu produktifnya karena sakit. Yang tidak kalah pentingnya, gigi yang terawat dan terjaga kesehatannya akan membantu pelafalan dan aksentuasi yang baik ketika berbicara. Selain itu, ditinjau dari sisi estetika, gigi yang sehat dan baik juga akan memberikan rasa percaya diri yang besar bagi seseorang.”

Lebih lanjut Prof Bambang menambahkan, “Upaya edukasi perawatan gigi sejak dini menjadi hal yang krusial untuk dilakukan. Maka, kami menyambut baik gelaran BKGN di FKG UI. Harapannya akan terbangun peningkatan kualitas hidup yang bersumber pada kesehatan gigi dan mulut yang terjaga.”

Fasilitas yang diberikan selama penyelenggaraan BKGN 2011 ini mencakup satu penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi (menggunakan bahan tambal amalgam, komposit, atau glass lonomer), satu pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi Fluoride atau Fissure Sealant. (WDD)

Komentar
Anda suka? share!