Anda suka? share!

Rambut putih alias uban biasanya identik dengan rambut kakek dan nenek. Tapi sebentar lagi uban tidak akan jadi masalah ketika Anda beranjak tua, karena ilmuwan telah menemukan pil yang bisa mencegah uban.

Uban biasanya mulai muncul setelah usia 30 tahun ketika sel-sel rambut manusia mulai menyerah pada proses yang disebut stres oksidatif, yang membuatnya lebih rentan terhadap racun. dan formula pil anti uban yang sedang dikembangkan ini bekerja dengan menawarkan perlindungan terhadap proses tersebut.

Peneliti menjelaskan, sel pigmen rambut mati seiiring usia karena kurangnya enzim pelindung yang disebut tyrosinase-related protein 2 (TRP-2).

TRP-2 membantu membuat sel-sel penghasil pigmen yang disebut melanosit. Secara teori, kehadiran TRP-2 bisa mencegah rambut berubah warna menjadi abu-abu.

Daripada menciptakan obat sintetis untuk meniru TRP-2, para ilmuwan lebih memilih menyaring ribuan senyawa alami dan akhirnya menemukan satu buah yang tidak disebutkan namanya.

“Pil akan didasarkan pada ekstrak buah yang meniru enzim yang disebut TRP-2, yang tidak terdapat pada folikel rambut,” jelas Bruno Bernard, Kepala Tim Perawatan Rambut, Kualitas dan Warna L’Oreal, seperti dilansir Dailymail, Kamis (6/10/2011).

Menurut peneliti, percobaan keselamatan (safety trial) sedang berjalan, namun mekanisme produk tidak akan diresmikan sampai pertemuan International Investigative Dermatology dalam 18 bulan.

“Dengan orang-orang hidup lebih lama dan bekerja lebih lama, mereka berada di ‘zona abu-abu’ (uban) lebih lama dan permintaan untuk hal seperti ini sangat besar. Tidak jelas apakah mengganti enzim ini adalah benar-benar jawabannya, tetapi tim Bernard memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang bagaimana folikel rambut bekerja,” jelas Des Tobin, profesor biologi sel di University of Bradford’s Centre for Skin Science.

Komentar
Anda suka? share!