Anda suka? share!

Apa jadinya jika kita dalam sehari selama 24 jam terus beraktifitas tanpa sedetikpun memejamkan mata untuk beristirahat…? Tentunya kita akan merasa lemas, ngantuk berat bahkan dapat jatuh sakit. Setiap mahluk di bumi ini sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat namun bagaimana dengan bumi kita ? apakah bumi kita termasuk mahluk ciptaan Tuhan ? Sudahkah bumi kita beristirahat ?

Hasil riset membuktikan bahwa pencemaran lingkungan didominasi oleh industri, kendaraan bermotor dan rumah tangga. Sadar atau tidak, kita selalu mencemari ligkungan tiada henti selama bertahun-tahun dan sepertinya kita tidak memberikan kesempatan bagi bumi ini untuk beristirahat sejenak dari pencemaran tersebut. Mulai dari mengeksploitasi perut bumi, mencemari air dan lautnya bahkan mengotori udara dengan berbagai asap.

Kesadaran akan lingkungan menggerakan kita umat manusia untuk dapat menghargai lingkungan yaitu bumi ini agar dapat beristirahat sejenak dari segala sesuatu yang mengotorinya. Dengan hari bebas kendaraan bermotor, hari bebas asap rokok dan kali ini pada tanggal 29 april 2011 bertepatan dengan Hari Bumi, warga wilayah Malaka Sari, Rw.03, Klender, Jak-Tim, secara sadar memadamkan lampu rumah tangga selama satu jam mulai pukul 20.00 hingga 21.00 wib. Padamnya lampu satu satu Rw selama satu jam tentunya telah mampu menghemat energi listrik yang bersumber pada pembangkit listrik berbahan bakar migas atau batu bara.

Aksi pemandaman lampu ini dipelopori oleh Bapak Gubernur DKI, Fauzi Bowo atau yang kita kenal dengan sebutan Bang Foke. Beliau juga menghimbau kepada seluruh warga Jakarta agar memadamkan lampu menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan setiap hari selama satu jam saja. “Kesadaran hemat energi ini harus dimulai dari sekarang dari hal yang termudah dalam rumah tangga” begitu ucap Bang Foke dan disambut tepuk tangan warga sebagai dukungan terhadap himbauannya.

Hari Bumi yang bertemakan “Gerakan Jakarta Hemat Energi” ini di dukung dari berbagai elemen komunitas seperti Greenlinecare, Cocacola Amatil, Unilever, WWF, Unesco dan Jakarta Green & Clean serta warga Rw.03 Malaka Sari. Terpilihnya wilayah Malaka Sari ini disebabkan oleh warganya yang sudah peduli terhadapa lingkungan. Warga Rw.03 adalah warga binaan Unilever yang telah mandiri terhadap sampah rumah tangga. Mereka mendirikan Bank Sampah sebagai tempat pengelolaan sampah rumah tangga, seperti sampah organik yang diolah menjadi kompos dan sampah non organik yang dengan segala kreatifitas menyulap sampah menjadi tas, dompet dan kerajinan lainnya.

Pukul 20.00 wib Bang Foke naik ke panggung  membunyikan sirine tanda lampu mulai dipadamkan. Seketika itu pula wilayah Rw.03 menjadi gelap gulita. Pihak penyelenggara meminta agar Pak Gubernur menekan sklar yang ada di podium dan lampu-lampu yang ada di sekeliling panggung menyala terang. “kok cuma rumah warga yang dipadamkan ?” spontan warga bergumam menyasikan hal tersebut. Tak terkecuali Bang Foke-pun mempertanyakan hal ini kepada pihak penyelenggara. Maka pihak penyelenggara meminta perwakilan dari Greenlinecare untuk menjelaskan lampu-lampu tersebut.

“Lampu-lampu ini adalah LIMAR yaitu Listrik Mandiri Rakyat, lampu yang bersumber pada accu motor berdaya 1 watt namun seterang lampu konvensional 10 watt tentunya sangat hemat energi”. Begitu sekelumit penjelasan Kang Ujang, lengkapnya Ujang Koswara dari Greenlinecare. Seketika itu pula riuh tepuk tangan dari warga Rw.03 ramai terdengar. Rasa penasaran Bang Foke dan warga dapat terobati dengan pejelasan yang begitu gamblang dari Kang Ujang Putra Pasundan mengenai lampu-lampu hemat energi yang memang menjadi produk unggulan dari Greenlinecare. “Suatu terobosan teknologi yang dapat menjadi sahabat sejati bagi bumi ini” ungkapan terakhir dari Kang Ujang menutup penjelasan mengenai Greenlinacare beserta produk-produknya.

Selama satu jam lampu padam acara diisi dengan Talk Show, pemutaran film tentang Perubahan Iklim dan hiburan seni dari warga lalu dilanjutkan dengan kunjungan oleh Bapak Gubernur ke Bank Sampah tempat pengelolaan sampah rumah tangga warga. Sugguh suatu keharmonisan alam apabila kita dapat memberi waktu sejenak untuk bumi ini agar dapat beristirahat.

Selamat beristirahat bumiku….

Komentar
Anda suka? share!