Anda suka? share!


Bir Pletok, tidak haram dan jauh dari alkohol. Justru punya manfaat beragam bagi yang meminumnya.Sayang, minuman khas Betwai ini sudah mulai langka.

Biasanya, bir itu identik dengan minuman keras (miras), memabukkan dan haram. Tapi tidak bagi minuman yang satu ini, Bir Pletok. Sebaliknya, minuman khas  Betawi ini punya manfaat positif bagi tubuh dan juga halal tentunya.

Dinamakan Bir Pletok  karena dulunya waktu jaman perang, orang-orang Belanda  gemar  minum bir, tapi waktu itu  orang betawi tidak mau kalah. Maka dibuatlah sebuah minuman yang tidak memabukkan namun menghangatkan tubuh, sama seperti bir yang diminum meneer Belanda.

Konon sebelum meminumnya, minuman khas Betawi ini harus ditambah bongkahan es batu yang kemudian di kocok seperti bir, lalu menimbulkan suara pletak pletok, sejak saat itulah minuman asli betawi ini dinamakan Bir Pletok.

Kini minuman kebangaan anak Betawi itu sudah mulai langka. Bir Pletok biasanya hanya muncul saat ada hajatan ala Betawi digelar, kadang juga menjadi satu paket dengan pertunjukkan ondel-ondel. “Namun tidak menutup kemungkinan minuman ini ada setiap hari karena ada orang, instansi atau perusahaan yang memesan khusus,” ujar Rosiah kepada Helath n Tourism salah seorang pembuat Bir Pletok didaerah Kebagusan, Jakarta Selatan,

Dengan bahan-bahan yang terdiri dari Jahe, Sereh, Daun pandan, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, kapulaga, secang, cabe jawa, lada hitam, ditambah gula pasir dan garam makanya Bir Pletok menyehatkan. Semuanya rempah-rempah asli Indonesia.

Proses pembuatannya juga cukup simple, semua bahan rempah-rempah kecuali secang direbus jadi satu selama lebih kurang 30 menit. kemudian baru dimasukkan secang dan di aduk rata selama sekitar lima menit. Setelah itu, ditambahkan gula dan garam secukupnya, diaduk hingga mendidih selama lebih kurang lima menit. Tidak sampai satu jam minuman berkhasiat ini siap disajikan. Rasanya tetap segar dan menghangatkan ketika diminum.

Bir Pletok ini juga bisa mengatasi masuk angin, kecapekan, rematik dan melegakkan tenggorokan. Walaupun selama ini yang namanya bir selalu berkaitan dengan minuman keras dan beralkohol akan tetapi Bir Pletok jelas berbeda, bahkan harus dicoba. Mau mencoba minuman yang menyehatkan ini? Bisa diperoleh di beberapa pasar swalayan terkemuka di Jakarta dengan harga jual sekitar Rp 5 ribu untuk botol kecil dan Rp 15 ribu untuk botol besar. Selamat mencoba….

Komentar
Anda suka? share!