Anda suka? share!

Satu lagi tempat liburan yang menarik untuk anda dan keluarga di Jakarta, yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII bisa menjadi pilihan wisata ‘lengkap’. Bahkan berwisata ke TMII anda seolah olah mengelilingi Indonesia. Mengunjungi rumah adat, menikmati kuliner khas nusantara juga menyaksikan pertunjukan seni daerah. Wah,, asyiknya, anak-anak pasti enggak akan nolak?

Taman ‘raksasa’ seluas 168 hektar ini sarat dengan nilai edukasi. Anak-anak bisa belajar banyak tentang Indonesia dan budayanya dengan menelusuri rumah-rumah adat daerah yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian dan unsur budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Diresmikan sejak 20 April 1975 oleh Presiden Soeharto, TMII terus berkembang menjadi tempat wisata yang menyuguhkan wahana menarik lainnya.  Hingga saat ini TMII menyediakan 68 wahana atau tempat permainan, seperti taman, museum, anjungan budaya seluruh provinsi di Indonesia, tempat peribadatan, permainan air (waterpark), serta aula pagelaran kesenian.

Museum-museum yang ada di TMII bisa menjadi media belajar anak. Sebut saja museum perangko yang menyajikan sekilas hal-hal yang terkait dengan budaya menulis surat, sejarah perangko di Indonesia dan Internasional. Ada juga dunia air tawar yang menggambarkan keanekargaman hayati nusantara, terutama ikan dan biota air tawar dalam wadah aquarium geografik.

Wahana transportasi juga patut anda coba. Ada sky lift dan monorail untuk menikmati TMII dari atas. Selain itu anda juga bisa menyewa motor elektronik dan sepeda.

Berwisata keTMII juga dapat menumbuhkan semangat kebanggaan dan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia.

Secara lebih rinci ada lima aspek dan prospek yang dijadikan baik pijakan pembangunannya maupun pandangan dalam pengembangannya. Kelimanya ini ialah spiritual, pendidikan dan kebudayaan, teknologi, ekonomi, dan kesejahteraan. Pegangan teguh pada aspek dan prospek ini dapat dirasakan dan dilihat pada pengembangan yang telah berlangsung selama ini.

Selain anjungan provinsi yang menampilkan budaya daerah banyak lagi wahana yang bisa jadi gudang ilmu bagi anak maupun dewasa. Misalnya saja museum serangga yang memiliki seratus lebih jenis serangga Indonesia dari timur sampai barat dan dunia air tawar yang memajang ikan-ikan air tawar seluruh Indonesia.

Dibangun  sejak 1974 TMII menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia di mata dunia. Ketika banyak seni-seni tradisi yang mulai tersisih dengan kemajuan jaman TMII dengan Istana Anak Anak Indonesia (IAAI) membentuk kader pewaris budaya bangsa. Setiap harinya IAAI mengadakan kursus tari daerah, grup vokal dan pedalangan.

Mengelilingi taman mini bisa dengan monorail, sky lift atau kereta gantung, mobil wisata atau dengan sepeda dan becak yang disewakan pada pengunjung.

Komentar
Anda suka? share!