Anda suka? share!

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Menuju pulau Karimun Jawa kita bisa menggunakan bus atau kereta api, tapi untuk kereta api tidak bisa sampai ke Jepara dikarenakan memang tidak ada jalur kereta api kesana. Untuk mempermudah perjalanan anda ke Karimun Jawa, mari kita lihat rute rute yang meti di tempuh untuk sampai ketempat tersebut.

1. Dari kota manapun anda berangkat, yang harus anda cari adalah angkutan menuju ke Semarang atau Jepara. karena dua kota itu mempunyai pelabuhan untuk menuju pulau Karimun Jawa.

2. Dari Semarang banyak sekali angkutan menuju pelabuhan di Semarang atau menuju Jepara. Dari Jepara anda cukup naik becak atau angkutan kota menuju pelabuhan hanya dengan biaya tak lebih dari Rp20.000.

3. Bila sudah sampai di Karimun Jawa, kita akan di sambut oleh banyak orang setempat untuk menawarkan penginapan, jadi jangan kuatir, harga hotel berkisar di antara Rp75.000,- sampai Rp 750.000,-, tergantung hotel jenis apa yang anda cari.

Info penyebrangan ke pulau karimun jawa

Kapal motor ferry muria

Jadwal :

Rabu dan Sabtu —-> Jepara – Karimun Jawa

Kamis dan Senin –> Karimun Jawa – Jepara

Harga tiket

VIP ——> Rp58.000,-

Bisnis —> Rp28.000,-

Jarak tempuh kurang lebih 6 – 7 jam

No telepon Pelabuhan ASDP Jepara (0291)591 048

Kapal motor cepat kartini I

Jadwal :

Sabtu —–> Semarang – Karimun jawa

Minggu —> Karimun jawa – Semarang

*untuk minggu ketiga setiap hari Senin dan Selasa—> Semarang – Karimun Jawa

Harga berkisar antara Rp 110.000- sampai Rp 150.000,- tergantung kelas yang anda mau.

Jarak tempuh 2 sampai 4 jam.

Thanks To

Neng Renni Uinaruko Morpheus

Koko Shigeru Uinaruko

Komentar
Anda suka? share!