Anda suka? share!

Ingin jalan-jalan berwisata sendiri tapi nggak pede? Atau takut karena dihantui pikiran akan nyasar, kehabisan uang, sakit dsb? Berikut beberapa tips yang dapat digunakan saat kita berniat travelling sendirian.

Persiapkan dengan Matang

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah yang akan Anda kunjungi. Dengan bekal informasi yang cukup, kita pasti akan lebih percaya diri untuk menuju ke suatu destinasi. Paling tidak, kita punya acuan informasi kalau ada masalah nanti.  Salah satu contoh yang mudah, kita dapat mencari tahu terlebih dahulu angkutan apa saja yang tersedia ditempat tersebut, jam operasional dan sebagainya. Selain itu kita dapat mencari informasi mengenai tempat makan, penginapan, cuaca dsb.

Percaya Diri

Ditempat yang tidak dikenal, kita harus tetap tenang dan pede dengan sikap kita. Jangan tunjukkan kalau kita merasa bingung. Karena kita akan lebih rentan menjadi sasaran kejahatan. Kalaupun memang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, carilah tempat yang tenang dan tarik nafas yang dalam dan baru pikirkan langkah selanjutnya.

Jadilah orang lokal

Sesuaikan tampilan Anda seperti penduduk lokal. Perhatikan cara berpakaian masyarakat sekitar sehingga Anda akan tampil tidak terlalu menonjol dan menarik perhatian. Selain lebih nyaman, Anda akan lebih sulit diidentifikasi sebagai turis. Mereka yang bergaya seperti turis sering kali menjadi sasaran tindak kejahatan, atau paling tidak, agan akan diberi harga khusus turis kalau sedang belanja.

Hilangkan Pikiran Negatif

Berhati-hati dan waspada memang penting, tapi kita juga harus selalu berpikiran positif. Beberapa hal seperti berkenalan dengan orang saat perjalanan tentu akan lebih bermanfaat daripada kita curiga sepanjang waktu bukan?

Berpamitan

Beritahu kerabat, teman, saudara kemana Anda akan bepergian. Ini penting jangan sampai saat terjadi apa-apa tidak ada yang tahu Anda pergi kemana. Beritahu juga tentang jadwal kepergian Anda.

Komentar
Anda suka? share!