Anda suka? share!

 

Bagi Anda penggemar travelling, tentunya tidak lupa untuk selalu berfoto dan mendokumentasikan tempat anda berkunjung. Selain sebagai kenang-kenangan,  kita juga dapat berbagi cerita kepada kerabat dan rekan melalui foto-foto tersebut. Kalau Anda punya hobby fotografi, bisa dipastikan Anda akan mengabadikan momen-momen indah tersebut karena biasanya tempat liburan mempunyai pemandangan yang bagus dan unik.

Di jaman jejaring sosial yang marak sekarang ini, kita tidak jarang mengunggah foto-foto tersebut.  Tanpa kita sadari, hasil karya kita  akan dilihat banyak orang dan sangat memungkinkan terjadinya penyalahgunaan.  Misalnya pemakaian foto kita tanpa ijin untuk keperluan mereka.  Kita bisa saja mencantumkan nama kita secara permanen di foto tersebut (watermark), namun dengan canggihnya software untuk editing foto saat ini, dapat dengan mudah watermark tersebut dihilangkan.

Selain itu kita juga akan mengalami kesulitan mencari foto kita dikarenakan terdapat milyaran website di jagat maya ini. Namun jangan khawatir, dengan menggunakan alat bantu, kita dapat mencari dan mendeteksi foto kita di internet. Caranya adalah sebagai berikut:

Kita akan memanfaatkan Mozilla Firefox sebagai alat pencari. Tentunya Anda sangat familiar dengan browser tersebut bukan? Kelebihan Firefox adalah banyaknya fitur tambahan (Add-ons) yang terdapat di dalamnya. Untuk masalah ini, kita akan menggunakan Add-onsWho Stole My Picture”.  Kita tinggal menginstall Add-ons tersebut kemudian merestart program Firefox. Untuk mengecek apakah foto kita digunakan ditempat lain, buka web dimana foto Anda berada. Kemudia klik kanan pada foto tersebut dan Anda akan menemukan Menu “Who stole my pictures?”. Kita dapat membuka lima jendela (tab) sekaligus dari lima mesin pencari terkenal. Tunggu sampai halaman mesin pencari tersebut terbuka, maka kita dapat melihat apakah foto kita digunakan oleh orang lain.

Selamat mencoba!

Komentar
Anda suka? share!