Anda suka? share!

Jumlah pengendara sepeda motor khususnya di ibukota saat ini sepertinya sudah mencapai puncaknya. Karena mobilitas yang tinggi, serta hemat dari sisi biaya dibanding jenis kendaraan yang lain, membuat masyarakat memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk aktifitas sehari-hari.  Salah satu “musuh” dari pengendara motor adalah hujan. Selain menyebabkan jalanan licin dan banyak genangan, badan basah kuyup adalah resiko terbesar pengendara motor dikala hujan. Berikut adalah tips yang dapat anda gunakan untuk menghadapi hujan :

1. Jangan lupa selalu membawa jas hujan. Ketika mulai turun hujan dan anda sedang berkendara maka jangan panik tetap tenang dan segera ke tepi untuk berhenti dan menggunakan jas hujan. Pastikan kepala tetap leluasa untuk di gerakan jangan sampai terkekang oleh jas hujan anda. Dan pastikan jas hujan anda tidak menutupi anda untuk melihat ke belakang melalui spion.

2. Selalu bawa kain lap, busi cadangan serta alat pemasang dan pencopot busi. Kenapa harus membawa cadangan busi ? Karena kita tidak tahu kapan sepeda motor kita mogok dan tidak tahu apakah saat sepeda motor kita mogok ada bengkel atau toko penjual suku cadang yang masih buka. Di kota-kota besar saat ini tatkala hujan sering banjir atau ada air yang menggenangi jalan, yang mana sangat rawan untuk masuk mengenai busi sepeda motor kita. Faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi kemasukan air. Jika mogok copot busi dan bersihkan busi serta tempat busi. Cara membersihkannya, setelah busi di copot tutup tempat busi dengan kain kemudian lakukan seperti saat mau menyalakan sepeda motor. Tujuannya untuk mengeringkan tempat busi dari air. Jika masih tidak bisa maka ganti saja dengan busi yang baru.

3. Tetaplah memakai sepatu jangan memakai sandal jepit saat berkendara sepeda motor apalagi disaat hujan. Pada umumnya orang lebih sayang sepatunya daripada keselamatan dirinya, padahal dengan menggunakan sepatu akan membuat kita lebih aman saat berkendara apalagi di saat hujan dimana jalan banyak yang licin.

4. Saat hujan celana jangan di lipat. Mengapa ? Karena dapat membahayakan kaki anda. Pertama bahaya terkena panasnya mesin sepedamotor dan yang kedua berbahaya kalau terjatuh kaki tidak terlindungi sehingga rawan luka.

5. Saat hujan pastikan lampu sepeda motor anda selalu menyala. Dalam keadaan hujan kurangi kecepatan anda dalam berkendara sekalipun di tempat yang sepi. Jaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan anda. Hujan dapat menghalangi pandangan kita untuk itu kita harus berhati-hati karena setiap saat kita mungkin memerlukan tindakan untuk berhenti mendadak mungkin karena ada jalan yang berlubang, mungkin ada orang yang menyeberang jalan, mungkin juga ada kendaraan berlawanan arah dengan kita yang sedang menyalip. Nah di saat hujan rem terkadang tidak berfungsi seakurat seperti saat tidak hujan karena sekalipun roda sudah berhenti ban sepedamotor cukup licin untuk bergesekan dengan jalan. Dan ingat saat mengerem akan lebih bagus jika menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan serta sedikit demi sedikit.

Semoga berguna.

Komentar
Anda suka? share!