Anda suka? share!

  1. Buatlah Batas Limit pengeluaran untuk setiap perjalanan. Gunakan nilai yang bulat dan masuk akal dan jangan lupa untuk gunakan bukti tagihan anda untuk men-track biaya yang sudah dikeluarkan agar tidak kebobolan.
  2. Jika anda menggunakan jasa tour travel, ambilah paket yang paling “combo”. Biasanya jika tour travel menyediakan paket “combo”, discount rate nya lumayan besar. Hal ini lebih menghemat pengeluaran dibandingkan anda membuat dan menjalankan rencana wisata sendiri.
  3. Jika anda melakukan perjalanan wisata secara estafet maka anda harus merencanakan kapan dan dimana anda beristirahat. Luangkan waktu anda untuk mencari informasi mengenai lodging yang murah dan memberikan discount.
  4. Jika anda melakukan perjalanan wisata menggunakan mobil, yakinkan kondisi kendaraan anda dalam keadaan sehat dan normal. Untuk mencegah kerusakan atau ngadat ditengah perjalanan wisata. Anda dapat lihat metode mengirit bensin untuk kendaraan DISINI
  5. Usahakan tidak membeli makanan ringan diperjalanan (gas station atau rest area) agar menghemat pengeluaran. Biasanya harga-harga makanan ringan dikedua tempat tersebut cukup mahal. Kalau mau bawalah makanan ringan dari awal, hal itu jauh lebih murah.
  6. Jika anda diharuskan bermalam ketika melakukan perjalanan wisata atau mau tidak mau harus makan (siang atau malam) maka untuk penghematan carilah tempat makan dengan harga yang sudah standard (fast food).
  7. Berfoto-foto lah sebanyak-banyaknya dalam perjalanan wisata anda, karena itu jauh lebih hemat dari pada membeli banyak souvenir. Foto – foto perjalanan wisata lebih efektif dan efisien dalam merekam best moment perjalana wisata anda dibandingkan souvenir.
  8. Jagalah kesehatan didalam melakukan perjalanan wisata. Ketika dalam perjalanan. minumlah air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi dan perhatikan pola makan anda. Sebaikanya membawa vitamin untuk kesegaran tubuh jika memang diperlukan.
  9. Berhati-hatilah anda terhadap para pencuri dan pencopet. Jagalah barang-barang bawaan anda. Usahakan penyimpanannya masih dalam area pengawasan anda. Lebih baik membawa dan gunakan kartu kredit ketimbang membawa uang tunai yang banyak.
Komentar
Anda suka? share!