Anda suka? share!

Anda penggemar wisata kuliner tapi sering bermasalah dengan berat badan? Rasa khawatir dan was-was sering Anda rasakan setelah mencoba beraneka jenis makanan? Mungkin tips berikut dapat dicoba agar terhindar dari naiknya berat badan setelah Anda berwisata kuliner.

 

 

Pertama, carilah parkiran yang agak jauh dari tempat makan, sehingga Anda harus berjalan kaki untuk mencapai tempat tersebut.

Walaupun sedikit tapi kegiatan berjalan akan membakar kalori sebelum dan sesudah kita makan.  Jangan lupa perbanyak minum air untuk mencegah lapar kembali.

Kedua, kurangi porsi karbohidrat setengah dari biasanya. Misalnya pesan nasi setengah dari biasanya. Sementara untuk asupan protein seperti ikan, Anda bisa memesan porsi seperti biasa.

Sedangkan untuk buah dan sayur pesanlah dua kali lipat lebih banyak. Strategi ini akan membuat Anda kenyang mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kalori.

Ketiga, sebaiknya pilih hidangan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Hindari saja menu yang digoreng atau dibakar. Walaupun bolehlah sesekali makan makanan yang digoreng atau dibakar, tetapi tetap perhatikan asupan kalori yang masuk.

Jangan makan terlalu banyak saat makan malam. Porsi yang lebih besar bisa Anda tempatkan di saat sarapan atau makan siang. Apabila memungkinkan, minta agar makanan diracik tanpa MSG.

Keempat, untuk minuman lebih baik memesan air mineral, teh tawar, atau air jeruk sebagai pendamping makanan Anda. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang manis. Usahakan pesan minuman hangat, bukan minuman dingin. Air hangat bersifat seperti cairan manusia sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Kelima, pertimbangkan lauk pauk dari kandungan protein hewani dan lemak yang ada di dalamnya. Sebaiknya pilih lauk-pauk dengan prioritas sesuai urutan awal sebagai berikut, yaitu ikan, daging unggas, daging sapi, dan daging kambing. Semakin prioritas berada di urutan terakhir sebaiknya dikonsumsi di siang hari daripada malam hari.

Keenam, perhatikan pula kebersihan makanan. Pilih tempat makan yang terjamin kebersihannya. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan tangan Anda bersih sebelum makan. Percuma jika Anda mencoba menjaga kalori pada makanan tetapi melupakan kebersihan. Bisa-bisa Anda malah terserang penyakit.

Apabila Anda menderita penyakit tertentu, jangan nekat makan makanan yang bisa memicunya. Misalnya Anda mengidap tekanan darah tinggi, walau kambing guling tampak menggiurkan, jangan coba-coba memakannya. Anda tentu tak mau sakit saat sedang asyik berwisata kan?

Komentar
Anda suka? share!